Honda Acura NSX Mobil Sport Jadul Namun Sekarang Makin Mahal Harganya

Pesona Honda NSX, atau dikenal sebagai Honda Acura, adalah mobil sport dua-kursi, mid engine dirakit oleh Honda. Asal-usul jejak NSX kembali ke 1984, dengan konsep HP-X (Honda Pininfarina eXperimental), merupakan mobil sport bermesin 3.0 L V6 mid engine berpenggerak roda belakang yg diciptakan terlebih dahulu sebelum Acura.

Honda berkomitmen untuk proyek tersebut, dengan maksud untuk memenuhi atau melampaui kinerja jajaran Ferrari bermesin V8, sambil menawarkan keandalan dan harga yang lebih rendah. Konsep demikian berkembang dan namanya telah berubah menjadi NS-X, yang berdiri untuk “N ew”, “S portscar” “Unknown world” (X adalah referensi ke matematika simbol X, yang merupakan singkatan dari variabel yang tidak diketahui), begitulah cerita dibalik diluncurkannya nama NSX .

NSX dirancang oleh tim yang dipimpin oleh Kepala Desainer Masahito Nakano dan Chief Executive Engineer Shigeru Uehara . Diuntungkan dari aerodinamika canggih dan gaya yang terinspirasi oleh kokpit jet tempur F-16 dan masukan dari Juara Dunia Formula Satu, Ayrton Senna, selama tahap pengembangan akhir.

NSX ini menjadi mobil produksi massal pertama di dunia yang memiliki fitur bodi aluminium seluruhnya. Didukung oleh all-aluminium Mesin 3.0 L V6, yang menampilkan sistem VTEC Honda (Variable Valve Timing dan Lift Electronic Control) yang dikembangkan pada 1980-an, transmisi manual 5-percepatan, atau mulai tahun 1994 transmisi otomatis 4-percepatan SportShift, juga dikenal sebagai F-Matic, memungkinkan opsi pemindahan gigi otomatis konvensional atau pemindahan gigi secara manual dengan tuas pemindahan jari di kolom kemudi.

Disajikan pertama kali dalam ajang Chicago Auto Show 1989 dan dibangun di sebuah pabrik yang dibuat khusus di Jepang dan dijual mulai tahun 1990.

Mobil ini menjadi primadona dimata pecinta otomotif dunia di masanya, menjadikan mobil ini sebagai mobil JDM (Japanese Domestic Market) dengan bentuk yang keren di masa itu.

Yang membuat mobil ini spesial adalah mobil ini sangat langka di Indonesia, hanya beberapa konglomerat saja yang mempunyai mobil ini. hal ini yang membuat harga dari NSX ini terus melambung. 10 tahun yang lalu mobil ini dijual bekas sekitar 400jutaan, namun siapa sangka akhir-akhir ini mobil ini bisa seharga 1 Miliar rupiah, wow.

Sangat gila sekali bila dibandingkan dengan JDM lainnya seperti Mazda RX-7 dan Skyline GTR yang harganya tidak sampai menyentuh miliaran.

Leave a comment